teruslah berjuang di jalan ALLAH SWT

            Telah kita ketahui bahwa agama islam ini dulu di bangun dengan perjuangan dan amalan, betapa banyak kaum muslim yang syahid di jalan Allah (medan pertempuran), semua itu hanya untuk memperjuangkan dan menyebarluaskan agama islam, semoga mereka semua mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT AMIN.
            Sedangkan sekarang ini kita tidak lagi berhadapan dengan peperangan, namun kita harus tetap mempertahankan agama islam kita ini, bagai mana agama kita ini dapat bertahan jika kita tidak berkorban, berjuang dan beramal, ketahuilah bahwa orang yang berjuang dijalan Allah dan orang yang sholat di ruma, namun tidak menyebar luaskan dan tidak berjuang untuk mempertahankan islam ini, berbeda derajatnya di mata, Allah Swt. Sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut yang artinya:
tidaklah sama orang-orang mukmin yang tingal di rumah tanpa ada uzur, dengan orang-orang mukmin yang berjuang di jalan Allah dengan harta dan diri mereka, Allah mengangkat orang-orang yang berjuang di jalannya dengan harta dan diri mereka di atas orang-orang yang tinggal di rumah mereka dengan derajat yang sangat tinggi. Allah telah menjanjikan kebaikan kepada kedua golongan tersebut, dan Allah memberikan kelebihan kepada orang-orang yang berjuang di jalan-Nya melebihi mereka yang tinggal di rumah dengan pahala yang sangat besar. Yaitu derajat-derajat dari sisi-Nya, di beri ampunan dan rahmat, dan Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (Q.S. An-Nisa : 95-96
            Hendaklah kita bersunguh-sunguh, walaupun banyak rintangan yang akan kita hadapi, sebagaimana firman Allah yang artinya:
“barang siapa bersungguh-sungguh untuk agama kami,pasti akan kami tunjukan kepada mereka jalan-jalan kami.” (Q.S. Al-Ankabuut :69)
            Memang tidaklah mudah melakukan semua ini, karena dengan keadaan sekarang ini, manusia telah terbuai dengan keindahan dan kenikmatan dunia yang bersifat sementara. mengigatkan teman tidaklah mudah apalagi teman yang telah terbuai dengan dunia, pastilah kita akan banyak menerima penolakan dan komentar-komentar yang tidak baik, namun yakinlah bahwa Allah Swt akan membantu kita, karena Allah Swt tidak akan membiarkan orang-orang yang berjuang di jalan-Nya. Seperti firman Allah yang Artinya:
” jika kalian membantu agama Allah Swt, pasti Allah akan membantu kalian, dan Allah akan menegakkan kaki-kaki kalian.” (Q.S. Muhammad :7 )
            Catatan: berjuang di jalan Allah itu sulit karena harus berkorban, baik waktu, atau harta kita, mengapa sulit karena surga itu indah, dan mengapa begitu mudah melalaikan perintah Allah Swt, karena Neraka itu buruk, dan hanya orang-orang yang berahlak buruk, yang melalaikan perintah Allah lah, yang akan menempatinya.

Sumber : Kitab Fadilah Amal, yang ditulis oleh Syaikhul Hadits Maulana Muhammad Zakariyya Al-Kandahlawi Rah.a
OLEH : Rikman.S.Rahim


Komentar